Struktur Organisasi/Tupoksi

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Terkait dengan kriteria sistem tata pamong di atas, maka dibentuk struktur organisasi PS PIAUD. Berikut adalah struktur organisasi PS PIAUD :

Pola kepemimpinan Ketua PS PIAUD Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim dapat diuraikan sebagai berikut:

1) Pola Kepemimpinan Operasional

Pada kepemimpinan operasional, pimpinan PS memiliki kemampuan dalam menjelaskan dan menjalankan organisasi di mana didasarkan pada visi, misi dan tujuan PS PIAUD. Jika dikaji lebih mendetail terkait dengan historis visi, misi an tujuan PS PIAUD, dilandaskan dari visi, misi dan tujuan Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim yang diturunkan ke dalam

visi, misi dan tujuan Fakultas Tarbiyah. Selanjutnya, diturunkan kembali ke dalam visi, misi dan tujuan PS PIAUD.

Guna mewujudkan konsistensi dalam implementasi visi dan misi PS PIAUD Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim maka ketua PS PIAUD melakukan pengawasan dan evaluasi melalui umpan balik dari dosen, mahasiswa, alumni dan pengguna. Untuk selanjutnya menjadi bahan rujukan dalam meningkatkan kinerja dalam mencapai visi, misi dan tujuan PS PIAUD. Selain itu, untuk menjaga konsistensi pencapaian visi, misi, dan tujuanPS PIAUD Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim bekerja sama dengan Gugus Jaminan Mutu (GJM) untuk melakukan monitoring dan evaluasi internal.PS PIAUD Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim secara rutin telah menyampaikan laporan melalui forlap dikti. Selain itu, melakukan penyusunan dan pembaharuan kurikulum mengacu pada visi dan misi prodi dan dilanjutkan dengan RPS, dan modul. Perihal itu, sangat erat hubungannya dengan kualitas bidang pendidikan.

Terkait dengan bidang penelitian, bertujuan dalam mendorong para dosen PS PIAUD Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim untuk melakukan penelitian. Dana penelitian berasal dari Kementerian Agama (misalnya, dana hibah penelitian). Selain itu, dosen juga didorong untuk membuat buku ajar, penulisan di jurnal nasional dan internasional, dan penelitian yang dilakukan bersama antara mahasiswa dengan dosen, maupun penelitian lintas PS. Menciptakan budaya akademik di lingkungan kampus melalui seminar, meningkatkan sinergi dengan lembaga internal dan eksternal kampus, serta menjalin kerja sama dengan lembaga luar.

Pada bidang pengabdian masyarakat antara lain mendorong, merencanakan, melaksanakan kegiatan-kegiatan pengabdian pada masyarakat oleh dosen yang berkesinambungan, mengarahkan dosen untuk berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya, dan mencari peluang kerjasama dengan pihak ketiga dalam melakukan program pengabdian kepada masyarakat. Terkait dengan dana pengabdian kepada masyarakat, didapatkan dari Kementerian Agama, seperti dana hibah pengabdian kepada masyarakat. Bidang kerjasama Ketua PS PIAUD Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim menginisiasi kerjasama dengan berbagai pihak, baik lembaga pemerintahan maupun non pemerintahan guna mewujudkan Visi, Misi dan Tujuan PS PIAUD Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim. Salah satu contoh kerjasama yang dilakukan adalah mengadakan Seminar Parenting dengan instansi pendidikan bagi anak usia dini di sekitar kampus Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim. Selain itu, PS PIAUD juga mengadakan kegiatan sosial yang bekerja sama dengan komunitas Majapahit Muda untuk memberikan pendidikan bagi anak dan orangtua yang berada dalam binaan Yayasan Majapahit, Kota Mojokerto.

2) Pola Kepemimpinan Organisasi

Implementasi kepemimpinan organisasi dalam PS PIAUD telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Rektor Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim. Organisasi tersebut berada di bawah organisasi Fakultas Tarbiyah. Fakultas Tarbiyah menaungi beberapa PS yang sangat identik dengan pendidikan. Sehingga, dalam manajemen PS PIAUD perlu dilakukan koordinasi dengan unit-unit di bawah naungan Fakultas Tarbiyah. Selain itu, Ketua PS PIAUD memiliki kewenangan dalam memantau proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dosen yang memiliki homebasePS PIAUD.

Terdapat pembagian tugas pokok dan fungsi yang mengacu pada Surat Keputusan Rektor tentang Tugas Pokok dan Fungsi dalam Organisasi PS PIAUD. Berikut adalah Tugas Pokok dan Fungsi dalam setiap peran, diantaranya :

1.Ketua PS
  1. Tugas Pokok Ketua PS
  • Melaksanakan pendidikan pengajaran penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam sebagian ilmu pendidikan islam anak usia dini sesuai dengan program Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim.

        2.FungsiKetua PS

  • Memeriksa dan menetapkan rencana dan program kerja;
  • Memeriksa dan menetapkanmata kuliah dalam perkuliahan;
  • Memantau jadwal perkuliahan bagi mahasiswa;
  • Bertanggung jawab pada hasil/nilai ujian mahasiswa;
  • Memberi pertimbangan judul/proposal mahasiswa;
  • Menetapkan administrasiPS; dan
  • Memeriksa dan menetapkan laporan kegiatan dan keuangan.
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.
2.Sekretaris PS
  1. Tugas Pokok Sekretaris PS
  • Membantu Ketua PS dalam melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang identik dengan ilmu pendidikan islam anak usia dini sesuai dengan program.

       2. FungsiSekretaris PS

  • Menyusunrencana dan program kerja;
  • Menyusun dan mengatur mata kuliah dalam perkuliahan;
  • Membantu Ketua PSdalam memantau jadwal perkuliahan;
  • Mengkoordinasikan nilai-nilai ujian;
  • Memberi pertimbangan judul/proposal mahasiswa;
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.
  • Melaksanakan administrasi; dan
  • Menyusun laporan pertanggungjawaban
3. Kepala Bagian Tata Usaha PS
  1. Tugas Pokok Kepala Bagian Tata Usaha
  • Menyusun konsep rencana dan program kerja, serta melaksanakan administrasi, akademik, kepegawaian, keuangan, kemahasiswaan, perlengkapan, tata arsip, dan laporan.

      2. Fungsi

  • Menyusun konsep rencana dan program kerja dalam aspek administrasi;
  • Pelaksanaan administrasi akademik;
  • Pelaksanaan administrasi kemahasiswaan;
  • Pelaksanaan administrasi kepegawaian;
  • Pelaksanaan administrasi keuangan;
  • Pelaksanaan administrasi perlengkapan;
  • Pelaksanaan tata arsip, tata surat dan statistik laporan;
  • Pelaksanaan penilaian prestasi, serta penyusunan laporan.
4. Ketua Laboratorium
  1. Tugas Pokok Ketua Laboratorium
  • Melaksanakan tanggung jawab dalam seluruh kegiatan yang berada di ruang lingkup laboratorium.

      2. Fungsi

  • Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas laboratorium;
  • Menyusun rencana dan program kerja sebagai panduan pelaksanaan tugas;
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pratik sistem informasi di laboratorium;
5. Laboran
  1. Tugas Pokok Laboran
  • Melaksanakan kegiatan laboratorium dan pemeliharaan fasilitas laboratorium.

      2. Fungsi

  • Melaksanakan tugas-tugas dari Ketua Laboratorium;
  • Melaksanakan perawatan dan pemeliharaan fasilitas laboratorium;
6. Dosen
  1. Tugas Pokok Dosen
  • Melaksanakan tugas dan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

      2. Fungsi

  • Merencanakan perkuliahan dengan mengembangan RPS dan modul bagi mahasiswa pada setiap semester;
  • Melaksanakan kewajiban sebagai pengajar, yaitu memberi kuliah/pengajaran minimal 12 SKS;
  • Melaksanakan penelitian yang sesuai dengan visi dan misi PS;
  • Melaksanakan pengabdian yang sesuai dengan visi dan misi PS;
  • Melakukan pengembangan diri di lingkungan internal kampus maupun eksternal kampus.